Tugas Logika Matematika Mapel Informatika Kelas X


Tugas Logika Matematika Mapel Informatika Kelas X 

Nomor 1

Misalkan p adalah “ iwan bisa berbahasa Jawa”, q adalah “ Iwan bisa berbahasa Indonesia”, dan r adalah “Iwan bisa berbahasa Mandarin”. Terjemahkan kalimat majemuk berikut kedalam notasi simbolik :

1. Iwan bisa berbahasa Jawa atau Indonesia

2. Iwan bisa berbahasa Indonesia tetapi tidak bahasa mandarin

3. Iwan bisa bahasa jawa atau bahasa Indonesia atau dia tidak bisa mandarin atau bahasa Indonesia

4. Tidak benar bahwa iwan bisa berbahasa mandarin atau jawa

5. Tidak benar bahwa iwan bisa berbahasa Indonesia atau mandarin tetapi tidak bisa jawa

Nomor 2 

Misalkan p adalah “ Hari ini adalah hari minggu”, q adalah “hujan turun”, dan r adalah “hari ini panas”. Terjemahkan notasi simbolik ini dengan kata-kata

1. p ^ ~ q

2. ~ p ^ ~ q

3. p ^ q ^ ~ r

4. ~ (p v q) ^ r

5. (p ^ q) v (~r v p) 

Nomor 3

Diketahui informasi sebagai berikut, maka tentukan inferensinya (kesimpulan)

1. P = digit terakhir suatu bilangan adalah 0

Q = bilangan tersebut habis dibagi 10

Jika digit terakhir suatu bilangan adalah 0, maka bilangan tersebut habis dibagi 10.digit terakhir suatu bilangan adalah 0

Kesimpulannya adalah …..

2. P = saya kangen

Q = saya akan melihat foto mu

Jika saya kangen, maka saya akan melihat foto mu, Saya tidak melihat fotomu

Kesimpulannya ….. 


Jawaban :

^ = dan , tetapi

V = atau

1. Iwan bisa berbahasa Jawa atau Indonesia 

jawab : p V q 

2. Iwan bisa berbahasa Indonesia tetapi tidak bahasa mandarin 

jawab : q ^ ~ r 

3. Iwan bisa bahasa jawa atau bahasa Indonesia atau dia tidak bisa mandarin atau bahasa Indonesia  

jawab : (p V q) V ~ (r V q) 

4. Tidak benar bahwa iwan bisa berbahasa mandarin atau jawa 

jawab : ~ ( r V p )

5. Tidak benar bahwa iwan bisa berbahasa Indonesia atau mandarin tetapi tidak bisa jawa 

jawab : ~ (q V r )^ ~ p


Nomor 2

p = Hari ini adalah hari minggu

q = hujan turun

r = hari ini panas


1. p ^ ~ q = Hari ini adalah hari minggu tetapi hujan tidak turun

2. ~ p ^ ~ q = Hari ini bukan hari minggu tetapi hujan tidak turun

3. p ^ q ^ ~ r = Hari ini adalah hari minggu tetapi hujan turun atau tidak panas

4. ~ (p v q) ^ r = tidak benar bahwa hari ini adalah hari minggu atau hujan turun tetapi hari ini panas

5. (p ^ q) v (~r v p) = Hari ini hari minggu tetapi hujan turun atau hari ini tidak panas atau hari ini hari minggu


Jawaban Nomor 3

1. P = digit terakhir suatu bilangan adalah 0

Q = bilangan tersebut habis dibagi 10

Jika digit terakhir suatu bilangan adalah 0, maka bilangan tersebut habis dibagi 10.digit terakhir suatu bilangan adalah 0

Kesimpulannya adalah bilangan tersebut habis dibagi 10


2. P = saya kangen

Q = saya akan melihat foto mu

Jika saya kangen, maka saya akan melihat foto mu, Saya tidak melihat fotomu

Kesimpulannya adalah Saya tidakk kangen

Tags

#buttons=(Close !)

Terima kasih sudah mampir di blog kami. Satu klik iklan yang anda klik sangat berarti bagi kami. Thanks
Accept !
To Top