Kisi-kisi Ujian Sekolah 2021 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA

 Kisi-kisi Ujian Sekolah 2021 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA

Kisi-kisi Ujian Sekolah Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

 Kisi-kisi Ujian Sekolah 2021 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA

  • Peserta didik dapat menentukan isi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis Peserta didik dapat menentukan makna teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan Tulis
  • Peserta didik dapat menentukan ide pokok paragraf dalam sebuah artikel yang dibaca
  • Peserta  didik  dapat  menyimpulkan  informasi,  baik fakta maupun opini, dalam sebuah artikel yang dibaca dengan tepat
  • Peserta didik dapat mengidentifikasi informasi dalam teks ekplanasi lisan dan tulis dengan tepat
  • Peserta didik dapat menginterpretasikan isi tersirat yang terdapat dalam paragraf dengan benar
  • Peserta didik dapat mengorganisasikan informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan- tahapan dalam teks prosedur
  • Peserta didik dapat menyimpulkan perbedaan kebahasaan resensi dari dua karya yang berbeda dengan tepat
  • Peserta didik dapat menentukan konjungsi yansesuai untuk mengembangkan kedua paragraf yang berbeda
  • Peserta didik dapat mengonstruksi nilai-nilai dari informasi cerita sejarah dalam sebuah teks eksplanasi
  • peserta didik dapat menentukan isi tersurat teks cerpen dengan tepat

 Kisi-kisi Ujian Sekolah 2021 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA

  • Peserta didik dapat menentukan makna ungkapan  dalam penggalan cerpen dengan tepat

  • Peserta didik dapat menginterpretasikan makna simbol dalam puisi dengan tepat
  • Peserta didik dapat menginterpretasikan watak salah satu tokoh dalam penggalan cerpen dengan tepat
  • Peserta didik dapat menginterpretasikan latar suasana dalam penggalan novel
  • Peserta didik dapat menyimpulkan penyebab terjadinya konflik yang terdapat dalam drama
  • Ppeserta didik dapat menginterpretasikan amanat yang terdapat dalam penggalan cerpen
  • Peserta didik dapat menginterpretasikan nilai moral yang terdapat dalam cerpen
  • Peserta didik dapat membandingkan nilai-nilai kebahasaan cerita rakyat.
  • Peserta didik dapat mengurutkan pokok peristiwa sesuai isi karya sastra.
  • Peserta didik dapat membuktikan watak tokoh utama dalam penggalan cerpen tersebut

     Kisi-kisi Ujian Sekolah 2021 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA

    1. Peserta didik dapat menganalisis latar tempat dalam buku kumpulan cerpen
    2. Peserta didik dapat menganalisis nilai kehidupan dalam buku kumpulan cerpen
    3. Peserta didik dapat mengaitkan isi cerita (nilai ) cerita rakyat tersebut dengan kehidupan masa kini
    4. Peserta didik dapat menilai isi dua buku fiksi dan satu buku pengayaan yang dibaca
    5. Peserta didik dapat melengkapi kebahasaan proposal yang dirumpangkan.
    6. Peserta didik dapat melengkapi teks nonsastra dengan kata-kata rujukan yang dirumpangkan tersebut.
    7. Peserta didik dapat mengurutkannya menjadi sebuah teks prosedur yang padu
    8. Peserta didik dapat merancang proposal karya ilmiah dengan melengkapi kerangka proposal dengan sistematika
    9. Peserta didik dapat mengidentifikasi LHO dengan memvariasikan kalimat lain yang berpola sama
    10. Peserta didik dapat menganalisis kebahasaan dengan memperbaiki kesalahan penggunaan konjungsi
    • Peserta didik dapat merancang teks editorial dengan memvariasikan judul lain yang sesuai
    • Peserta didik dapat menulis puisi dengan mlengkapi unsur gaya bahasa (majas) yang sesuai
    • Peserta didik dapat mengonstruksi sebuah cerpen dengan melengkapi unsur-unsur pembangun cerpen yang rumpang
    • Peserta didik dapat menyusun bagian penutup surat lamaran pekerjaan dengan memperbaiki kalimat yang tidak efektif
    • Peserta didik mengembangkan hikayat menjadi sebuah cerpen.
    • Peserta didik dapat menentukan bagian struktur teks Eksplanasi
    • Peserta didik dapat menentukan jenis laporan hasil observasi
    • Peserta didik dapat menganalisis kebahasaan (menentukan sinonim kata) dalam teks anekdot
    • Peserta didik dapat menemukan permasalahan aktual dalam ceramah.
    • Peserta didik dapat memperbaiki teks negosiasi dengan memerhatikan isi, struktur dan kebahasaan
    • Peserta didik dapat mengembangkan argumen pada teks eksposisi dengan tepat
    • Peserta didik dapat mengembangkan teks cerpen dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun cerpen dengan tepat
    • Peserta didik dapat menentukan kata baku dalam karya ilmiah


    Tags

    #buttons=(Close !)

    Terima kasih sudah mampir di blog kami. Satu klik iklan yang anda klik sangat berarti bagi kami. Thanks
    Accept !
    To Top