Ringkasan Materi To Be dan Pronoun Beserta Contoh Kalimat

Ringkasan Materi To Be dan Pronoun Beserta Contoh Kalimat

Ringkasan Materi To Be dan Pronoun Beserta Contoh KalimatHal yang paling mendasar bagi Anda dalam memahami dan mempelajari struktur Bahasa Inggris dengan lebih mudah adalah harus mengetahui tentang to be dan pronoun

FUNGSI TO BE DALAM KALIMAT

Adapun to be mempunyai fungsi tertentu sesuai dengan kalimat yang dipakai. Berikut ini adalah beberapa macam fungsi to be dalam bahasa inggris antara lain ;

Function of  To Be:

1. Untuk menjelaskan kata benda (Noun)

Contoh kalimat to be untuk menjelaskan kata benda :

a. My hobby is swimming. (Hobby saya berenang)
b. There was a factory behind my house. (Ada sebuah pabrik di belakang rumah saya)
c. It is your baby. (Ini adalah bayi kamu)

2. Untuk menjelaskan kata sifat (Adjectives)

Contoh kalimat to be untuk menjelaskan kata sifat :

a. My son is smart (anak laki-laki saya cerdas), bukan My son smart. 
b. The bottle is full (botol itu penuh), bukan The bottle full.
c. The ladies are beautiful (perempuan - perempuan  itu cantik), bukan The ladies beautiful.

3. Untuk menjelaskan kata keterangan tempat (Adverb of Place)

Contoh kalimat to be untuk menjelaskan kata keterangan tempat :

a. STAN is in Tangerang Selatan. (STAN ada di Tangerang Selatan)
b. The boxes are under stairs. (Kardus-kardus itu ada di bawah tangga)

4. Untuk menjelaskan kejadian yang sedang berlangsung (Continious Tense)

Contoh kalimat to be untuk menjelaskan kejadian yang sedang berlangsung

a. I was typing the text. (Saya sedang menulis naskah)
b. My friends are discussing something. (Teman-taman saya sedang mendiskusikan sesuatu)
c. I am taking a bath. (Saya sedang mandi)

5. Untuk menjelaskan kalimat pasif (Passive Voice)

Contoh kalimat to be untuk menjelaskan kalimat pasif

a. This biography is made by Darma. (Biografi itu dibuat oleh Darma)
b. His homework is done by his girlfriend. (Pekerjaan Rumahnya diselesaikan oleh teman perempuannya)
c. The book is read by the student. (Buku itu dibaca oleh siswa tersebut)

FUNGSI PRONOUN DALAM KALIMAT

Pronoun dalam bahasa inggris ada beberapa macam. Diantaranya adalah subject pronoun, object pronoun, possesive adjective, possesive pronoun dan reflexsive pronoun. Untuk lebih jelasnya silakan perhatikan beberapa contoh kalimat di bawah ini

1. Subject Pronoun digunakan sebagai subjek dalam kalimat

a. She is my girlfriend. (Dia adalah pacar saya)
b. It is a pencil in your shirt. (Itu adalah sebuah pensil di baju kamu)

2. Object Pronoun digunakan sebagai objek dalam kalimat

a. It makes me so confused. (Itu membuatku bingung)
b. The police caught them. (Polisi-polisi itu menangkap mereka)

3. Possesive Adjectives digunakan untuk menunjukkan kepunyaan diikuti oleh kata benda

a. These are my dogs. (Ini adalh anjing-anjing saya)
b. Her wallet is lost. (Dompetnya hilang)

4. Possesive Pronoun digunakan untuk menunjukkan kepunyaan tetapi tidak diikuti kata benda

a. That is not my book. It is yours. (Itu bukan buku saya, itu adalah punya kamu)
b. I don’t carry my book. May I borrow yours? (saya tidak membawa buku saya, bolehkah saya pinjam punya kamu?)

5. Reflexsive Pronoun digunakan untuk menunjukkan kegiatan yang dilakukan mengenai si pelaku sendiri atau menunjukkan bahwa suatu kegiatan dilakukan oleh si pelaku sendiri

a. She hurt herself. (Dia melukai dirinya)
b. My father makes dessert himself. (Ayah saya membuat makanan pencuci mulut untuk dirinya )  

Demikian postingan kami tentang Ringkasan Materi To Be dan Pronoun Beserta Contoh Kalimat yang kami copy dari sebuah buku 99,9% LOLOS USM PKN STAN yang diterbitkan oleh Grasindo. 


Tags

#buttons=(Close !)

Terima kasih sudah mampir di blog kami. Satu klik iklan yang anda klik sangat berarti bagi kami. Thanks
Accept !
To Top